WEBINAR "MEWASPADAI OSTEOPOROSIS & OSTEOARTRITIS; Dalam Rangka Memperingati Hari Osteoporosis Sedunia Tahun 2021

Dwi H 21 October 2021

Kementerian Kesehatan RI menyatakan, 19,7% penduduk Indonesia menderita osteoporosis. Artinya, satu dari tiga wanita dan satu dari lima laki-laki berusia lebih dari 50 tahun menderita osteoporosis. Bahkan, pada 2050, pria dan wanita usia lebih dari 50 tahun atau yang paling berisiko menderita osteoporosis akan menjadi 1/3 dari total penduduk Indonesia.

Sayangnya, kesehatan tulang ini sering diabaikan. Padahal, osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang yang tersembunyi, silent disease.  Karena bersifat diam dan sering kali tidak memiliki gejala sampai terjadi patah tulang pertama, baru penderita menyadarinya.

Selain itu, kita juga harus mewaspadai osteoartritis (radang sendi) yang tidak kalah bahayanya dari osteoporosis. Jumlah penderita osteoartritis juga sebanding dengan jumlah penderita osteoporosis.

Karena itu, RS. Khusus Bedah Halimun terpanggil menyelenggarakan webinar: "MEWASPADAI OSTEOPOROSIS & OSTEOARTRITIS; Dalam Rangka Memperingati Hari Osteoporosis Se-Dunia Tahun 2021." Webinar gratis ini diselenggarakan Kamis (21 Oktober 2021), pukul 13.00–14.15 WIB.

Webinar virtual melalui Zoom, Youtube dan Facebook ini, menghadirkan pembicara: Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, SpOT, FICS, MD. PhD. (Dokter Spesialis Ortopedi, Traumatologi & Rawan Sendi). Acara dipandu oleh moderator Dwi Bagus MB.

Sepanjang pelaksanaan webinar, antusiasme peserta sangat tinggi. Sampai webinar berakhir jumlah peserta online yang bertahan mengikuti melalui Zoom, Youtube dan FB mencapai sekitar 250 orang. Jumlah peserta yang bertanya lebih dari 30 orang, sehingga tidak semuanya bisa dijawab oleh pemateri.     

Selain melayani tanya jawab dan konsultasi gratis antara peserta dengan pemateri, webinar ini juga membagikan doorprize menarik dan buku terbaru karya Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, berjudul “Osteoporosis: Seputar Osteoporosis, dari Pengenalan, Pencegahaan sampai Penanganan.”   

Kriteria pemberian doorprize dan buku yang merupakan persembahan RS. Khusus Bedah Halimun ini diberikan kepada peserta terpilih berdasarkan konten pertanyaan terbaik.  

“Mewakili Tim Panitia, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Direktur Utama PT Halimun Medical Centre, Direktur dan Wakil Direktur RS. Khusus Bedah Halimun, sponsor dan semua pihak yang membantu kelancaran webinar ini. Sampai jumpa pada webinar berikutnya yang insyaa Allah akan diselenggarakana pada November 2021,” tandas Dwi Hardianto, Koordinator Webinar RSKB Halimun.

Naskah: Dwi H
Grafis: Faiq
Video: Olink KP

 

 

Berita Lainnya

RS KHUSUS BEDAH HALIMUN HADIRI PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-58

29 November 2022

KUNJUNGAN TIM TUBERCULOSIS DINAS KESEHATAN JAKARTA SELATAN KE RS KHUSUS BEDAH HALIMUN

04 November 2022

FREE WEBINAR “MENGENAL TRIGGER FINGER DAN PENANGANANNYA”

26 October 2022

PERESMIAN FASILITAS HIDROTERAPI RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

14 October 2022