Mengenal Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun 

 

Gedung Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun  

Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun (RSKB Halimun) merupakan rumah sakit yang menjadi centre of excellent untuk layanan penyakit degeneratif khususnya ortopedi dengan tujuan menjadi Rumah Sakit Khusus Bedah Ortopedi terbaik di Indonesia. Sesuai dengan visi dan misinya, rumah sakit yang beralamat di Jl. Halimun Raya No. 9, Setia Budi, Jakarta Selatan ini, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan sepenuh hati, berkualitas, terukur, profesional dan paripurna.

Rumah sakit ini berawal dari klinik yang bernama Halimun Medical Centre (HMC). Klinik yang dirintis sejak 2005 dan diresmikan tahun 2006 ini, memulai kiprahnya dengan mengantongi izin Praktik Bersama Dokter Spesialis (PBDS) tahun 2005 dan diperpanjang tahun 2007. Pada 2008 dan 2009, Klinik HMC memperoleh izin PBDS dengan Tindakan Invasif. Bahkan, pada 2014, Klinik HMC mengantongi izin operasional sebagai Klinik Utama.  

 Peresmian Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun 

Selanjutnya, seiring tingginya permintaan masyarakat, khususnya pasien dan keluarganya, tuntutan dari regulasi Pemerintah, sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas layanan, Klinik HMC “bermetamorfosa” meningkatkan  kelasnya menjadi rumah sakit. Maka, pada 12 April 2017, Klinik Halimun Medical Centre (HMC) resmi menjadi Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun (RSKB Halimun).

Perubahan status ini semakin lengkap setelah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Izin Operasional RSKB Halimun sebagai Rumah Sakit Khusus Tipe C. Izin Operasional ini ditandai dengan keluarnya surat keputusan No. SK. 18/b.3.7/-1.779.3/2018.

Pada sambutan peresmiannya, Direktur RSKB Halimun Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, MS, SpOT, FICS, MD.PhD, MBA, menyatakan, perubahan status dari klinik menjadi rumah sakit merupakan amanah Allah SWT yang harus dijaga dan ditunaikan dengan ikhlas serta profesional. Karenanya, Dokter Spesialis Ortopedi dan Rawan Sendi yang akrab disapa Dr. Tony ini, mengajak keluarga besar RSKB Halimun untuk bekerja dengan hati, terukur, profesional dan paripurna semata-mata mengharap ridha Allah SWT.

Perizinan RSKB Halimun dan Sertifikat Akreditasi dari KARS 

Sejak itulah, seluruh jajaran RSKB Halimun langsung “tancap gas” memperbaiki semua lini layanan dan manajemen untuk memperoleh akreditasi dari Komisi Akreditasi Nasional (KARS). Setelah menjalani serangkaian survei akreditasi dari Tim KARS yang dilaksanakan Senin sampai Rabu (22 – 24 Oktober 2018), akhirnya Sabtu (27 Oktober 2018) RSKB Halimun dinyatakan lulus Akreditasi Program Khusus dengan predikat Bintang Satu.

Sertifikat bernomor “KARS-SERT/23/X/2018” ini, diserahkan secara simbolis oleh Ketua Eksekutif KARS Dr dr Sutoto M Kes kepada Direktur RSKB Halimun Dr. H. Briliantono, MS, SpOT, FICS, MD, PhD, MBA di Sekretariat KARS, Epicentrum Walk Unit 716 B, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018). Sertifikat Akreditasi Program Khusus ini merupakan pengakuan bahwa RSKB Halimun telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dan dinyatakan lulus dengan predikat Bintang Satu.