SEKILAS RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

RS. Khusus Bedah Halimun adalah Centre of Excellent masalah ortopedi, traumatology, sendi dan otot.

Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun (RSKB HALIMUN) merupakan centre of excellent untuk menangani masalah ortopedi, traumatologi, sendi dan otot. Sesuai visi dan misinya sebagai RS. Khusus Bedah Ortopedi terbaik di Indonesia, RSKB HALIMUN berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan sepenuh hati, berkualitas, terukur, profesional dan paripurna.

RS. Khusus Bedah Halimun yang beralamat di Jl. Halimun No. 9, Setia Budi, Jakarta Selatan ini, berawal dari Klinik Halimun Medical Centre (HMC). Klinik ini dirintis dengan mengantongi izin Praktik Bersama Dokter Spesialis (PBDS) tahun 2005 dan diperpanjang tahun 2007. Pada tahun 2009, Klinik HMC memperoleh izin PBDS dengan Tindakan Invasif. Selanjutnya, tahun 2014 mengantongi izin operasional sebagai Klinik Utama.  

Seiring tingginya permintaan masyarakat, regulasi pemerintah, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Klinik HMC “bermetamorfosa” menjadi rumah sakit. Maka, dibentuklah Badan Hukum dengan nama PT. Halimun Medical Centre (PT. HMC) berdasarkan Akta Pendirian No. 04 Tanggal 9 September 2014 di hadapan notaris Novizariani, SH. Akta Pendirian ini mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU 31720.40.10.2014 pada tanggal 28 Oktober 2014.

Peresmian perubahan status dari Klinik Halimun Medical Centre (HMC) menjadi RS. Khusus Bedah Halimun diselenggarakan pada Rabu, 12 April 2017. Perubahan status ini semakin lengkap dengan keluarnya Nomor Induk Berusaha (NIB): 9120113132119 dan Perizinan Berusaha No. 91201131321190002 sebagai Rumah Sakit Khusus Bedah Tipe C.   

Pada saat peresmian, Direktur RS. Khusus Bedah Halimun Dr. dr. H. Briliantono M. Soenarwo, SpOT, FICS, MD.PhD, MBA, menegaskan, perubahan dari klinik menjadi rumah sakit merupakan amanah Allah SWT yang harus ditunaikan dengan ikhlas dan profesional. Karenanya, Dokter Spesialis Ortopedi, Traumatologi dan Persendian yang akrab disapa Dr. Tony ini, mengajak keluarga besar RS. Khusus Besar Halimun bekerja dengan hati, terukur, profesional dan paripurna semata-mata mengharap ridha Allah SWT.

LAYANAN UNGGULAN 

Sebagai centre of excellent dalam menangani masalah ortopedi, traumatologi, sendi dan otot, RS. Khusus Bedah HALIMUN memiliki Layanan Unggulan dalam menangani: 

  1. Osteoartritis.
  2. Osteoporosis.
  3. Traumatologi.
  4. Sport Injury.
  5. Reumatik.
  6. Degeneratif.

Untuk mendukung Layanan Unggulan ini, RS. Khusus Bedah Halimun dilengkapi dengan teknologi kesehatan mutakhir dengan menerapkan Prosedur Minimal Invasif pada setiap tindakan medis. Minimal Invasif merupakan prosedur tindakan yang meminimalkan perdarahan, mempercepat pemulihan, dan menjadi pelopor dalam menangani Bedah Tulang, Otot, serta Sendi di Indonesia.

ALAT UNGGULAN 

Untuk mendukung semua layanan medis, prosedur pelayanan di RS. Khusus Bedah Halimun memanfaatkan Alat (Diagnosis) Unggulan, sebagai berikut:

  1. Digital X-Ray Tomosintesis Sonial Vision 4G.
  2. MRI Time Medical 1,5 Tesla tipe EMMA.
  3. Bone Densitometry (BMD) Lunar DPX.

POLIKLINIK & PENUNJANG MEDIS  

Untuk memberikan pelayanan kepada pasien secara profesional dan paripurna, selain memiliki Poli Ortopedi, RS. Khusus Bedah Halimun juga dilengkapi dengan Poli Bedah Umum, Poli Penyakit Dalam dan Poli Rehabilitasi Medis. Sedangkan untuk mendukung Tindakan Pembedahaan (Operasi) juga dilengkapi dengan Dua Ruang Operasi (Bedah). Tak ketinggalan IGD 24 Jam, Ruang ICU, Ruang HCU, Ruang Isolasi, Kamar Perawatan, Radiologi, Laboratorium, Fisioterapi, Hidroterapy, Farmasi, Gizi, dan sarana lain.       

AKREDITASI  

RS. Khusus Bedah Halimun sangat berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, keselamatan pasien, keselamatan sumber daya rumah sakit dan keselamatan pengunjung rumah sakit. Karenanya, RSKB HALIMUN telah dua kali mengikuti Akreditasi Rumah Sakit untuk mendapatkan pengakuan atas mutu dan kualitas pelayanan tersebut.

Pertama, Akreditasi Program Khusus dari Komisi Akreditasi Nasional (KARS).

Setelah menjalani survei akreditasi pada Senin s/d Rabu (22 s/d 24 Oktober 2018), pada Sabtu (27 Oktober 2018) RS. Khusus Bedah Halimun dinyatakan lulus Akreditasi Program Khusus dengan predikat Bintang Satu.

Selama masa Pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan RI menunda sementara pelaksanaan survei akreditasi rumah sakit. Karenanya, KARS beberapa kali memperpanjang masa berlaku Sertifikat Akreditasi yang dimiliki RSKB HALIMUN. Selain itu, kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh manajemen dan karyawan RS. Khusus Bedah Halimun untuk mempersiapkan pelaksanaan survei akreditasi berikutnya.  

Kedua, Akreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI).

Setelah Pandemi Covid-19 berakhir, RS. Khusus Bedah Halimun menjalani survei akreditasi bersama Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI). Survei dan penilaian akreditasi dilaksanakan pada Senin (4 September 2023) secara daring dan Jumat s/d Sabtu (8 s/d 9 September 2023) secara luring. 

Pada akreditasi ini, RSKB HALIMUN berhasil lulus dengan predikat PARIPURNA dan berhak menyandang Bintang Lima. Penyerahan secara simbolis Sertifikat Akreditasi Bernomor: LARSI/SERTIFIKAT/193/09/2023, dilaksanakan pada Kamis (5 Oktober 2023) di kantor LARSI, Jakarta Pusat.     

Akreditasi Rumah Sakit merupakan pengakuan bahwa mutu layanan RS. Khusus Bedah Halimun telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit. Hal ini sejalan dengan Motto RSKB HALIMUN yang sudah tertanam pada setiap sumber daya rumah sakit, yaitu "Membantu Kesembuhan Pasien adalah Bagian dari Ibadah Kami."   
 
Naskah: Dwi H.
Foto & Video: Olink KP