LIVE WEBINAR "PERBEDAAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (LOW BACK PAIN) DENGAN SARAF TERJEPIT (HERNIA NUCLEUS PULPOSUS) DAN PENANGANANYA"

Dwi H 31 May 2022

Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) biasa disebut sakit pinggang. Secara umum disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang karena posisi tubuh salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan berulang-ulang. Tapi, sakit pinggang juga dapat disebabkan karena gangguan ginjal, infeksi atau masalah tulang belakang.

Sedangkan Saraf Terjepit (Hernia Nucleus Pulposus) adalah kondisi ketika bantalan antarruas tulang belakang mengalami cedera sehingga menonjol atau bergeser, akibatnya menekan saraf pada jaringan di sekitarnya. Jaringan tersebut berupa otot, tendon, tulang atau tulang rawan. Secara umum, nyeri atau sakit karena saraf terjepit sering terjadi di sekitar pinggang dan punggung.

Bagaimana cara membedakan, bahwa sakit pinggang atau punggung itu merupakan LBP, Saraf Terjepit atau gangguang ginjal? Dan, bagaimana cara menanganinya? Untuk mengupas hal ini, RS Khusus Bedah Halimun menggelar Webinar: "Perbedaan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) dengan Saraf Terjepit (Hernia Nucleus Pulposus) dan Penanganannya" pada Selasa (31 Mei 2022), pukul 13.00–14.15 WIB.

Webinar virtual melalui Zoom, Youtube dan Facebook ini, menghadirkan pembicara: Dr. dr. H. Briliantono M. Soenarwo, SpOT, FICS, MD.PhD (Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi). Acara dipandu moderator: Dwi Bagus MB.

Sepanjang pelaksanaan webinar, antusiasme peserta cukup tinggi. Sampai webinar berakhir jumlah peserta online yang bertahan mengikuti melalui Zoom, Youtube dan FB mencapai sekitar 160 orang. Jumlah peserta yang bertanya lebih dari 40 orang, sehingga tidak semuanya bisa dijawab oleh pemateri.    

Selain melayani tanya jawab dan konsultasi gratis antara peserta dengan pemateri, webinar ini juga membagikan doorprize berupa buku karya Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, berjudul “OSTEOPOROSIS: Seputar Osteoporosis, dari Pengenalan, Pencegahaan sampai Penanganan” dan buku “OSTEOARTRITIS, Pendekatan Holistik.”  Kriteria pemenang adalah peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik. 

“Mewakili Tim Panitia, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Direktur Utama PT. Halimun Medical Centre, Direktur dan Wakil Direktur RS. Khusus Bedah Halimun, para sponsor dan semua pihak yang membantu kelancaran webinar ini. Sampai jumpa pada webinar berikutnya yang insyaa Allah akan diselenggarakan pada bulan Juni 2022,” tandas Dwi Hardianto, Koordinator Webinar RSKB Halimun.

Naskah: Dwi H
Grafis: Faiq
Video: Olink KP
 
 

Berita Lainnya

RS KHUSUS BEDAH HALIMUN HADIRI PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL KE-58

29 November 2022

KUNJUNGAN TIM TUBERCULOSIS DINAS KESEHATAN JAKARTA SELATAN KE RS KHUSUS BEDAH HALIMUN

04 November 2022

FREE WEBINAR “MENGENAL TRIGGER FINGER DAN PENANGANANNYA”

26 October 2022

PERESMIAN FASILITAS HIDROTERAPI RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

14 October 2022