Laporan Kinerja RS. Khusus Bedah Halimun Tahun 2021

Dwi H 02 February 2022

Kinerja dan pencapaian Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun Tahun 2021 masih mengalami banyak pasang dan surut. Meski Pandemi Covid-19 mulai mereda sejak pertengahaan hingga akhir tahun, tapi situasi dan kondisi masyarakat yang secara umum masih terdampak Covid-19, mempengaruhi kinerja RS. Khusus Bedah Halimun.

Pemaparan ini disampaikan Wakil Direktur RS. Khusus Bedah Halimun dr. MC. Joyce Tumbelaka, MARS bersamaan dengan Rapat Rutin Bulanan, Rabu (2 Februari 2022), di Ruang Aula Lantai 4. Pemaparan yang dilakukan di hadapan pimpinan, karyawan dan Komite Medis RS. Khusus Bedah Halimun ini, dilakukan secara off line dengan peserta terbatas dan online menggunakan zoom meeting.

Dokter yang akrab disapa dr. Joyce ini memaparkan kinerja dan pencapaian setiap unit layanan di RS. Khusus Bedah Halimun. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja dan tingkat pencapaian setiap unit, menggunakan metode membadingkan dengan kinerja dan pencapaian beberapa tahun sebelumnya. 

Berdasarkan paparan dr. Joyce, secara umum kinerja setiap unit layanan di RS. Khusus Bedah Halimun mulai menggeliat kembali mengalami kenaikan disbanding tahun 2020, bahkan beberapa item di antaranya juga meningkat disbanding tahun 2019. Meski sebagian kecil lainnya masih ada yang lebih rendah disbanding tahun 2020 dan 2019.

“Alhamdulillah, total kinerja dari semua unit layanan rata-rata mengalami kenaikan antara 20% – 30% dibandingkan tahun 2019 dan 40% - 50% disbanding tahun 2020,” Tandas dokter lulusan Universitas Indonesia ini.   

Sementara itu, Direktur RS. Khusus Bedah Halimun Dr. H. Briliantono, MS, SpOT, FICS, MD, PhD pada arahannya menyatakan, seluruh pimpinan dan karyawan harus banyak bersyukur karena keluarga besar RS. Khusus Bedah Halimun mampu melewati masa-masa paling sulit sepanjang tahun 2021.

“Alhamdulillah, meski sebagain rekan kita ada yang terpapar Covid-19, tapi kita semua dapat melewati masa pandemi Tahun 2021 dengan selamat hingga hari ini. Bahkan, Allah SWT juga memberikan bonus yang luar biasa besar kepada kita. Pada situasi pandemi ini, kinerja kita mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan dibanding dua tahun sebelumnya,” ungkap Doktor Spesialis Ortopedi, Traumatologi dan Rawan Sendi yang akrab disapa Dr. Tony ini.

Kenaikan kinerja ini, lanjut Dr. Tony, selain anugerah Allah SWT, juga karena kerja-kerja kita semua pada semua unit layanan yang tetap fokus memberikan pelayanan paripurna pada bidang Ortopedi, Traumatologi dan Rawan Sendi. “Pilihan untuk tetap fokus melayani pasien ortopedi, traumatologi, gangguan sendi dan otot lainnya tanpa menerima pasien Covid-19 merupakan keputusan berat pada situasi yang sangat berat ini,” lanjutnya.

Sedangkan, Direktur Utama PT. Halimun Medical Centre Hj. Niken Wulandari, SiP, MBA menilai, data-data internal tentang kinerja setiap tahun ini merupakan aset yang sangat berharga bagi RS. Khusus Bedah Halimun. “Angka-angka yang menunjukkan tingkat pencapaian, baik kenaikan maupun penurunan, merupakan bahan utama ketika kita akan menganalisa faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab naik dan turunya kinerja kita. Berdasarkan angka-angka ini, kita juga menganalisa lebih lanjut secara lebih detail pada tiap unit layanan,” pungkasnya.

 
Naskah: Dwi H
Foto: Olink KP

 

Berita Lainnya

DIBUTUHKAN IT-SUPPORT

14 July 2022

PERESMIAN RUANG & FASILITAS BARU FISIOTERAPI RS KHUSUS BEDAH HALIMUN

12 July 2022

LIVE WEBINAR "PROSPEK PERKEMBANGAN PENGOBATAN & PENANGANAN DIABETES MELITUS"

29 June 2022

TALK SHOW KESEHATAN TULANG & SENDI UNTUK LANSIA

21 June 2022