Bobath Indonesia Gelar Workshop "Menangani Anak-Anak Penderita Celebral Palsy"

Dwi H 07 February 2018

Indonesian Bobath Pediatric Association (Asosiasi Bobath Pediatric Indonesia) bekerjasama dengan Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun (RSKBH) menggelar Workshop for Treatment of Children with Cerebral Palsy  (Pelatihan Menangani Anak-Anak Penderita Celebral Palsy). Workshop diadakan di Gedung Epiwalk, Lt 7, Epicentrum, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis – Ahad (25–28 Januari 2018).

Workshop ini sebenarnya merupakan Pelatihan Dasar Fisioterapi untuk menangani anak-anak penderita Cerebral Palsy menggunakan teknik Bobath. Fokus kegiatan ini diperuntukkan bagi orang tua dan para terapis di unit-unit layanan fisioterapi.

Peserta workshop hari pertama, Kamis (26 Januari 2018) adalah para orang tua. Ada sekitar 80 orang tua yang mengikuti workshop ini dengan antusias hingga selesai. Panitia tidak mengenakan biaya apa pun alias gratis kepada para orang tua yang mengikuti pelatihan ini. “Tujuan kami menyelenggarakan acara ini agar orang tua bisa terlibat secara langsung dalam penanganan anak mereka sendiri,” tegas Panitia Workshop dr Yohanes.

Tiga hari berikutnya, Jum’at - Ahad (26 – 28 Januari 2018) peserta workshop adalah para terapis fisioterapi dari berbagai rumah sakit di Indonesia. Berbeda dengan peserta orang tua, biaya pelatihan untuk para terapis dibebankan kepada para penterapis atau rumah sakit yang mengikuti workshop. “Kami tidak memiliki sponsor dari manapun, maka biayanya dibebankan kepada peserta,” jelas dr Yohanes. Narasumber utama pada workshop ini adalah Wakil Presiden Bobath Asia, Hong Jung Sun, PT, MPH.

Indonesian Bobath Pediatric Association baru berdiri akhir tahun 2017. Anggotanya adalah mereka yang pernah mendapatkan pelatihan fisioterapi di luar negeri, seperti di Inggris, India, Korea dan beberapa negara lainnya.

Workshop ini merupakan pelatihan pertama yang dilakukan Indonesian Bobath Pediatric Association. “Kami berterima kasih kepada Halimun Grup yang telah membantu menyediakan tempat untuk pelatihan ini. Semoga workshop bermanfaat bagi para orang tua dan para terapis fisioterapi di Indonesia, khususnya Jabodetabek,” pungkas dr Yohanes.

Fieq Faiq

Sumber: oasesahira (oase.co.id)

Berita Lainnya

OUTING RS KHUSUS BEDAH HALIMUN DI KAMPOENG BAMBOE BOGOR

09 January 2023

JAILANI & NURFATI DHIBA, KARYAWAN TELADAN PERIODE OKTOBER – NOVEMBER 2022

21 December 2022

FREE WEBINAR “MENANGANI CIDERA OLAHRAGA DENGAN PEMULIHAAN LEBIH CEPAT MENGGUNAKAN MINIMALYY INVASIVE”

14 December 2022

RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN MEMBUTUHKAN DOKTER UMUM

13 December 2022