Yang Perlu Disiapkan Saat Physical Distancing

Dwi H 02 April 2020

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalani physical distancing  (jaga jarak aman atau pembatasan fisik), di antaranya:

 

1. Merencanakan Kegiatan dan Bekerja Di Rumah (WFH)

Anda yang terbiasa beraktivitas, misalnya bekerja, berbisnis, kuliah, belanja, dan lainya tanpa pernah merasa khawatir, saat pembatasan sosial aktivitas ini harus direncanakan ulang. Pasalnya, berkunjung ke tempat ramai, bertemu atau berkumpul dengan banyak orang akan meningkatkan risiko terjangkit virus Corona. Jika memang harus datang ke tempat umum, pilihlah waktu di luar jam sibuk.

Bagi Anda yang harus bekerja dari rumah, juga sangat dianjurkan menyusun jadwal kerja sesuai dengan kondisi di rumah dan tuntuntan kerja Anda masing-masing. Pastikan, jadwal kerja yang disusun tidak berbenturan dengan kegiatan lain di rumah, misalnya membimbing belajar anak-anak, membantu pekerjaan istri, olah raga, ibadah dan kegiatan lainnya.

2. Merencanakan Kegiatan Belajar yang Menyenangkan

Anda yang memiliki anak-anak usia sekolah, perlu mempersiapkan rencana kegiatan selama program belajar online di rumah berjalan. Khususnya bagi anak-anak usia TK dan SD yang masih memerlukan banyak bimbingan orang tua. Susunlah rencana kegiatan bersama anak, agar anak memahami tanggung jawabnya. Dengan menyusun jadwal bersama anak, anak juga akan memahami bahwa tidak masuk sekolah ini bukan liburan, tapi proses belajar dilakukan dari rumah secara online dengan bimbingan guru dan orang tua. Buatlah kesepakatan kapan waktunya belajar, kapan bermain, olah raga dan kegiatan lain yang bermanfaat.

 

 

3. Merencanakan Kegiatan Memperdalam Ajaran Agama

Selama anak-anak belajar online di rumah dan orang tua bekerja juga dari rumah (WFH), manfaatkan sebaik mungkin setiap waktu yang ada dengan kegiatan positif. Di antaranya memperdalam ajaran agama sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Bagi umat Islam yang memiliki anak-anak usia balita hingga SD, orang tua bisa membacakan Shirah Nabawiyah dan Sahabat Nabi (Sejarah Nabi SAW dan Para Sahabatnya) dalam memperjuangkan tegaknya ajaran Islam. Bisa juga lebih intens dalam belajar membaca dan menghafal al-Qur’an bagi anak-anak yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an, dan berbagai kegiatan religi lainnya.

4. Menyediakan Obat-Obatan yang Diperlukan

Jika Anda menderita penyakit tertentu dan sedang menjalani pengobatan, pastikan memiliki persediaan obat yang biasa digunakan. Jika perlu, sediakan obat-obatan lain yang relefan untuk penyakit Anda, misalnya paracetamol untuk meredakan nyeri dan demam. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit atau apotik jika obat habis.

 

 

5. Memenuhi Kebutuhan Harian

Persiapkan persediaan makanan, minuman, sabun, odol, disinfektan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dalam jumlah yang cukup, misalnya untuk 1 bulan. Hindari punic buying atau membeli barang secara berlebihan. Jika Anda dan anggota keluarga Anda sehat, tidak perlu menyiapkan stok masker. Saat membeli makanan, pilih dan konsumsilah makanan bergizi seimbang yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, seperti buah-buahan dan sayuran. Simpan makanan dalam wadah bersih dan letakkan di kulkas.

6. Mempersiapkan Akses Internet

Selama physical distancing, internet merupakan salah satu penghubung Anda ke dunia luar. Karenanya, penting menyiapakan akses internet dengan jaringan luas dan kecepatan stabil. Dengan akses internet yang berkualitas, Anda yang belajar atau bekerja di rumah bisa tetap produktif.

Anda juga bisa tetap update untuk menjaga kesehatan psikis dan rohani dengan mengakses konten-konten religi di dunia maya. Apalagi, para ustadz, dai dan ulama saat ini juga mengalihkan nasihatnya (tausyiyyah) baik yang bertema umum maupun terkait pandemi Covid-19 melalui berbagai cannel online, seperti zoom, youtube, website dan jaringan medsos (FB, Instagram, Twitter, Telegram, Tiktok, WA, dan lainnya)

Selain itu, Anda juga bisa berselancar di dunia maya untuk menghibur diri ketika dilanda bosan. Intinya, akses internet akan membantu Anda menuntaskan tanggung jawab dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena physical distancing mungkin akan menyebabkan aktivitas Anda terganggu, tapi dengan menerapkan perencanaan seperti ini, in syaa Allah cukup efektif mencegah kejemuhaan dan penyebaran virus Corona.

 

Naskah: Dwi Hardianto

Video: Olink KP

 

Artikel Lainnya

Mengenal Penyakit Frozen Shoulder

PROSEDUR CUCI TANGAN BEDAH SESUAI PROSEDUR DI RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

Mengenal Varian Omicron & Cara Mengantisipasinya

IDAI: “Anak Usia 6-11 Tahun yang Tak Dapat Divaksin Covid-19”