MENANGANI CEDERA TEMPURUNG LUTUT (FRAKTUR PATELLA)

Dwi H 17 November 2022

Tempurung lutut (tulang patella) memiliki peran yang sangat vital pada fungsi kaki. Meski hanya berbentuk tulang kecil yang terletak di depan sendi lutut, tempurung lutut merupakan pertemuan tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia) yang berfungsi melindungi sendi lutut dan menghubungkan otot-otot di depan paha ke tibia.

Ujung tulang paha dan bagian bawah patela ditutupi oleh jaringan halus yang disebut tulang rawan artikular. Tulang rawan ini membantu tulang bergerak dengan mudah satu sama lain saat lutut digerakkan. Peran tulang tempurung sangat penting dalam mentransmisikan tekanan dan kekuatan otot paha depan, berkontribusi dalam efek tuas dari lutut, distribusi tekanan dan kekuatan pada paha serta tulang kering.

Sayangnya, tempurung lutut rentan cedera atau patah (fraktur) jika jatuh secara langsung atau membentur dashboard  saat kecelakaan. Salah satu cedera serius pada lutut adalah patah tempurung lutut (tulang patella). Cedera ini menyebabkan nyeri/sakit, lutut sulit bergerak, berjalan, tidak dapat diluruskan atau dibengkokkan.

Meski kasus patah tulang tempurung rendah, sekitar 1% dari patah tulang pada umumnya, tapi komplikasi yang terjadi sangat serius secara fisik dan fungsional. Seperti kekakuan, lutut lemah, menyebabkan osteoarthritis lutut, sulit meregangkan lutut sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari, dan beresiko menyebabkan jatuh pada pasien usia lanjut. Kasus ini sering terjadi pada pasien pria dibanding Wanita dan berusia 20-50 tahun.

Konigsee Implantate Patella

Menyadari fatalnya cidera pada tempurung lutut, Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun mencoba memberikan alternatif penanganan dan pengobatan cidera tempurung lutut menggunakan Konigsee Implantate Patella.

Konigsee Implantate adalah salah satu perusahaan teknologi medis terkemuka Jerman pada bidang osteosintesis. Perusahaan ini telah mengembangkan, memproduksi dan menjual implan serta instrumen untuk traumatologi dan ortopedi selama lebih dari 25 tahun. 

Spesifikasi produk inovatif Konigsee Implantate menjangkau hampir semua bagian tulang, dari tulang selangka hingga jari kaki. Tujuan utama dari produk-produknya adalah untuk mempersingkat proses penyembuhan patah tulang dibandingkan dengan pengobatan konvensional, sekaligus mengurangi biaya klinik dan beban pasien.

Salah satu produk andalan untuk mengatasi cidera/patah tempurung lutut (tulang patella) adalah Implantate Pelat Patella 3.5 vws No. 5.8513.11. Implan ini memiliki beberapa keunggulan yang dijelaskan di bawah ini:

Keunggulan Implantate Pelat Patella 3.5 VWS:

  1. Mengembalikan alat ekstensor dan mencapai permukaan sendi yang halus.
  2. Menyembuhkan fraktur yang tidak terganggu, mengembalikan fiksasi yang paling stabil pada saat perawatan latihan fungsional awal untuk mempertahankan fungsi sendi.
  3. Memiliki variabel sudut paling stabil dengan pelat patella 3.5.
  4. Pelat pengunci bilateral memiliki kekuatan tarik dan stabilitas beban yang tinggi.
  5. Memberikan stabilitas latihan untuk menghindari kekakuan sendi pasca-trauma dan stabilitas beban pada fraktur tertentu.
  6. Implan berbentuk anatomis dengan stabilitas sudut variable.
  7. Desain pelat seragam untuk kiri dan kanan.
  8. Pemodelan implan yang baik.
  9. Kontak bilateral menyebabkan berkurangnya iritasi jaringan lunak.
  10. Dua lengan kecil untuk penyangga yang lebih mudah pada kutub distal patella.
  11. Osteosintesis pelat bilateral yang stabil dengan sudut menawarkan stabilitas dan kekakuan yang lebih besar dibandingkan dengan pengobatan konvensional yang biasanya menggunakan pita tegangan atau sekrup kanulasi.
  12. Menurunkan risiko dislokasi sekunder.
  13. Hasil reduksi primer dipertahankan berkat prinsip sudut-stabil dari fixator internal.
  14. Memiliki lubang pengunci variabel untuk mengunci sekrup kortikal Ø 3,5 mm dan kepala Ø 5,0 mm.
  15. Memiliki 11 lubang plat.
  16. Memiliki mata ikan untuk fiksasi sementara.
  17. Terbuat dari bahan titanium.
Naskah: Dwi H
Foto/Video: Olink KP
 
Video operasi/pembedahan pemasangan Implantate Pelat Patella 3.5 vws pada kasus fraktur Patella dapat disaksikan dengan klik link di bawah ini:  

https://www.youtube.com/watch?v=SNtg_C7nAGU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mengenal Penyakit Frozen Shoulder

PROSEDUR CUCI TANGAN BEDAH SESUAI PROSEDUR DI RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

Mengenal Varian Omicron & Cara Mengantisipasinya

IDAI: “Anak Usia 6-11 Tahun yang Tak Dapat Divaksin Covid-19”