Apakah Kebutuhan Kalsium Bisa Dipenuhi Hanya dari Segelas Susu?

Dr. Tony 25 December 2018

Oleh: Dr. H. Briliantono M. Soenarwo, MS, SpOt, FICS, MD, MBA, PhD (Direktur RSKBH, Ahli Bedah Ortopedi, Osteoporosis dan Osteoartritis)   

"Sering-sering minum susu biar tambah tinggi.” Mungkin anjuran itu sudah Anda dengar sejak kecil. Susu memang mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, apakah cukup mengonsumsi kalsium dari susu saja? Seberapa banyak susu yang harus dikonsumsi agar kebutuhan kalsium terpenuhi dan tulang menjadi kuat? Apakah susu bisa diganti dengan makanan lainnya?

Minum Susu Saja Apakah Sudah Memenuhi Kebutuhan Kalsium?

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Banyak orang mengira dengan mengonsumsi susu saja, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian dan membuat tulangnya menjadi sehat. Sebenarnya dalam satu gelas susu, entah itu susu penuh, rendah lemak, atau tanpa lemak, terdapat sekitar 300 mg kalsium di dalamnya.

Padahal, menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan kalsium orang dewasa dalam satu hari sebesar 1100 mg. Sementara, anak-anak memerlukan antara 1000-1200 mg kalsium per hari. Dengan begitu, setidaknya setiap orang harus mengonsumsi susu 3-4 kali dalam satu hari agar kalsiumnya terpenuhi.

Apakah Boleh Minum Susu Terlalu Sering?

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium hanya dengan minum susu, Anda harus minum susu cukup sering dalam satu hari. Bagi beberapa orang, hal ini justru akan meningkatkan kebutuhan kalorinya juga jika tidak diatur dengan baik.

Apalagi, bagi Anda yang sudah memiliki berat badan berlebih, kemudian minum susu yang memiliki lemak tinggi. Hal ini bisa menimbulkan tumpukan lemak pada perut semakin banyak. Belum lagi kadar gula yang juga tinggi di dalam susu, juga akan menambah asupan kalori Anda. Kondisi ini tidak membuat tulang semakin kuat, malah bisa membuat timbangan berat badan Anda melonjak.

Lalu Makanan Apa yang Harus Saya Konsumsi untuk Memenuhi Kebutuhan Kalsium?

Bukan berarti Anda harus berhenti minum susu sama sekali. Sebenarnya, hal ini tergantung bagaimana Anda mengatur kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh dan mencegahnya agar tidak berlebihan.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung kalsium tinggi. Bukan hanya susu, satu-satunya makanan sumber kalsium. Ada banyak jenis makanan lain yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Anda agar kebutuhan kalsium terpenuhi.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan selain susu yang mengandung kalsium tinggi, di antaranya:

  • Lauk-pauk. Banyak jenis lauk yang mengandung kalsium tinggi, seperti ikan salmon dan berbagai jenis ikan laut lainnya. Tahu juga bisa ditambahkan ke dalam menu makanan Anda, karena mengandung cukup tinggi kalsium.
  • Sayuran. Sayur yang memiliki kalsium tinggi adalah sayuran yang daunnya berwarna hijau tua seperti, bayam, brokoli dan sawi.
  • Produk Susu Olahan. Kalsium juga bisa ditemukan pada berbagai produk susu olahan, seperti yogurt dan keju.

Apakah Saya Perlu Mengonsumsi Suplemen Kalsium?

Jika Anda mengonsumsi berbagai makanan sumber kalsium seperti di atas dengan rutin, kecil kemungkinan mengalami kekurangan kalsium. Pastikan semua makanan yang Anda makan memiliki jenis yang beragam. Misalnya, dalam satu hari Anda minum susu, mengonsumsi ikan dan makan sayur bayam.

Contoh pembagian makan tersebut akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium harian. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin dan mineral lainnya yang terdapat di dalam makanan yang beragam tersebut.

 

Artikel Lainnya

Mengenal Penyakit Frozen Shoulder

PROSEDUR CUCI TANGAN BEDAH SESUAI PROSEDUR DI RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN

Mengenal Varian Omicron & Cara Mengantisipasinya

IDAI: “Anak Usia 6-11 Tahun yang Tak Dapat Divaksin Covid-19”