Terapi Berenang Bisa Atasi Nyeri HNP

Dwi H 22 October 2020

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau saraf terjepit adalah gangguan saraf pada ruas tulang belakang yang diakibatkan oleh terjepitnya bantalan antar ruas tulang belakang yang menimbulkan tonjolan pada permukaan bantalan antar ruas tersebut. Tonjolan ini menekan sistem saraf sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang bisa menjalar dari leher hingga punggung bagian bawah.  

Kondisi ini secara umum bisa mengalami perbaikan dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tapi selama perbaikan ini, penderita tidak disarankan melakukan aktivitas berat. Obat-obatan medis yang diberikan hanya bertujuan meringankan gejala yang ditimbulkan. Jika tidak ada perbaikan, penderita harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis ortopedi dan rawan sendi untuk tindakan lebih lanjut.

Sedangkan terapi renang, merupakan salah satu terapi yang disarankan untuk mengatasi HNP. Pasalnya, air di dalam kolam renang memiliki gaya gravitasi yang membuat tubuh menjadi ringan sehingga meringankan beban pada tulang belakang. Air juga memiliki tekanan hidrostatis yang memberikan efek seperti dipijat dan relaksasi saat berada di dalam kolam renang.  

Selain itu, berenang juga merupakan jenis olah raga aerobik yang bisa membantu meringankan beban dan nyeri pada tulang belakang selama olah raga berlangsung. Berenang juga bisa memperkuat otot-otot punggung untuk mencegah terjadinya perburukan saraf yang terjepit tersebut.

Berdasarkan penelitian, melakukan olah raga renang selama dua kali per pekan dapat mengurangi keluhan nyeri HNP secara sgnifikan. Disarankan melakukan olah raga renang semampunya dan hentikan jika keluhan mulai timbul atau Anda sudah lelah.

Pilihlah gaya berenang yang spine friendly, seperti gaya bebas dan gaya punggung. Hindari gaya kupu-kupu dan dada. Jika tak bisa berenang, berjalanlah denga santai di kolam renang. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dulu sebelum berenang dan melakukan terapi ini setelah berkonsultasi dengan dokter.  

Naskah: Dwi H
Infografis: Olink KP
Sumber: American Journal of Lifestyle Medicine, American Physical Therapy Assosiation.

Infografis Lainnya

HARI DOKTER NASIONAL 24 OKTOBER 2021

Senam Kaki untuk Penderita Diabetes

Manfaat Minun Air Putih

Menjaga Tulang Belakang Sehat Hingga Usia Tua