Manfaat Minun Air Putih

Dwi H 11 December 2020

Minum air putih yang cukup ternyata tak bisa remehkan, karena sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Ingin tau apa manfaatnya? Ini dia di antaranya:

1. Menyehatkan Pencernaan 

Minum air putih yang cukup akan menjaga kadar cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan (sembelit), kembung dan penyerapan makanan. Juga akan melancarkan sirkulasi darah, ginjal dan menormalkan suhu tubuh.

Selain itu, akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran. Banyak minum air putih juga bisa menjadi obat kencing darah akibat infeksi saluran kemih ringan atau infeksi kencing batu berukuran kecil.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Cukup air putih bisa menjaga kesehatan tulang, khususnya saraf tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya pada tubuh. Karena air putih yang baik memiliki kandungan kalsium. Selain itu, air putih juga memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

3. Perawatan Kulit

Minum air putih yang cukup membuat menjaga kesehatan dan kesegaran kulit karena akan mengecilkan pori-pori, melembapkan, menambah kekencangan, bebas dari noda, menjadi lebih kenyal dan lebih bercahaya.

4. Mengatur Lemak Tubuh

Cukup air putih juga mengendalikan asupan kalori tubuh karena bisa membantu proses pemecahan lemak dan membakar beberapa lapisan lemak dalam tubuh. Sehingga, minum air putih jauh lebih baik untuk mengontrol peningkatan berat badan dibanding minuman tinggi kalori.

5. Menjaga Tekanan Darah

Air putih adalah solusi yang tepat bagi penderita hipertensi karena minum air putih yang cukup bisa melancarkan sirkulasi darah.

6. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

7. Menghindari Penyakit Jantung

Minum air putih yang cukup dan rutin akan memperlancar peredaran darah dan menyehatkan jantung.

Takaran Minum Air Putih

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Tapi, untuk orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan adalah minimal sekitar 8 gelas ukuran 230 ml per hari atau sekitar 2 liter per hari.

Selain dari minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20%. Cairan dari makanan  itu, diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna kekuningan atau lebih gelap dari biasanya. Gejala lain yang juga dirasakan adalah pusing, sakit kepala, mulut, bibir dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

 Naskah: Dwi H                                                                                                                                                                             Infografis: Olink KP

Infografis Lainnya

Senam Kaki untuk Penderita Diabetes

Menjaga Tulang Belakang Sehat Hingga Usia Tua

Sumpah Pemuda 2020

70 Tahun Dokter Indonesia