Apa Itu RICE?

Dwi H 19 September 2020

Rice merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation sebagai cara melakukan pertolongan pertama untuk menangani awal cidera pada tulang dan sendi, seperti keseleo, terkilir atau memar.   

Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh, termasuk di masa pandemi. Tapi jika terjadi salah langkah, kepleset atau terjatuh yang menyebabkan keseleo atau terkilir, jangan panik.

Segera lakukan #rice sebagai pertolongan pertama. Tapi jika bertambah sakit dan nyeri pada bagian yang cedera itu, segera periksa ke #dokterortopedi untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Inilah langkah-langkah melakukan Rice:

1. Rest

Istirahatkan bagian tubuh yang cedera untuk mencegah terjadinya cedera lebih lanjut dan membantu mempercepat proses penyembuhan cidera.

2. Ice

Berikan es selama 15-20 menit untuk mengurangi pembengkakan, nyeri dan spasme otot (kontraksi otot secara tiba-tiba yang tidak disengaja dan menimbulkan rasa nyeri atau sakit dalam tempo sementara dan biasanya tidak berbahaya).

3. Compression

Lilitkan perban elastis pada bagian yang cidera, tapi jangan terlalu ketat agar tidak menyempitkan pembulu darah. Lakukan tahap ini selama 24 jam atau sampai rasa nyeri atau sakit tidak terasa lagi.

4. Elevation

Tinggikan bagian yang cidera untuk mengembalikan darah dari area cidera ke jantung.

 

 Naskah: Dwi H                                                                                                                                                                            Infografis: Olink KP

Infografis Lainnya

HARI DOKTER NASIONAL 24 OKTOBER 2021

Senam Kaki untuk Penderita Diabetes

Manfaat Minun Air Putih

Menjaga Tulang Belakang Sehat Hingga Usia Tua