PLD UI & RSKBH Selenggarakan Seminar “Mengenal Aspek Hukum dalam Praktik Kedokteran”

Dwi H 12 February 2018

Halimun Raya - Pelantikan Lulusan Dokter (PLD) UI Angkatan 81 bekerjasama dengan Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun (RSKBH) menyelenggarakan seminar ilmiah “Mengenal Aspek Hukum dalam Praktik Kedokteran,” Ahad (11/2/2018). Seminar yang berlangsung di Gedung Epicentrum Walk Lantai 7 Blok A-RG No 708, Kuningan, Jakarta Selatan ini menghadirkan pembicara yang berkompeten pada bidangnya.

Di antara pembicara dalam seminar itu adalah: Pertama, Prof. dr. Amal Sjaaf yang mengangkat tema: “Kajian Hukum dalam Tata Kelola Rumah Sakit.” Kedua, Prof. Dr.  Herkutanto, SpF. SH. LLM yang mengangkat tema “Antisipasi Potensi Masalah Hukum dalam Praktik Kedokteran.” Ketiga, dr. Baharuddin, SpOG yang mengangkat tema “Etika Medis.” Sedangkan yang menjadi moderator adalah Dr. dr. Sabarinah,  MPH.

Peserta seminar yang jumlahnya sekitar 100 orang ini antusias menyimak pemaparan semua narasumber yang membahas persoalan hukum dan etika praktik kedokteran di Indonesia. Tema ini menjadi menarik karena akhir-akhir ini sering terjadi berbagai kasus malpraktik yang melibatkan sejumlah dokter dan rumah sakit. Termasuk pelanggaraan hukum dan etika kedokteran yang terkait kasus politik.

Diharapkan dengan seminar ini, para dokter dan insan medis bisa menjalankan profesinya secara profesional, taat hukum dan etika, sehingga terhindar dari berbagai kasus hukum yang bisa menjeratnya. Selain itu, seminar ini juga relevan dengan keberadaan PLD UI sebagai wadah mahasiswa FK UI yang tengah menyelesaikan pendidikannya dengan menyelenggarakan serangkaian seminar dan workshop dalam bidang kedokteran. Seminar dan workshop ini rutin diadakan setiap tahun sebagai bagian dari tahapan profesi mahasiswa Fakultas Kedokteran UI.

Dwi Hardianto

Sumber: OASESAHIRA (www.oase.co.id)

Berita Lainnya

OUTING RS KHUSUS BEDAH HALIMUN DI KAMPOENG BAMBOE BOGOR

09 January 2023

JAILANI & NURFATI DHIBA, KARYAWAN TELADAN PERIODE OKTOBER – NOVEMBER 2022

21 December 2022

FREE WEBINAR “MENANGANI CIDERA OLAHRAGA DENGAN PEMULIHAAN LEBIH CEPAT MENGGUNAKAN MINIMALYY INVASIVE”

14 December 2022

RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN MEMBUTUHKAN DOKTER UMUM

13 December 2022