MENGENAL RHEUMATOID ARTRITIS (BAGIAN 4)

Dwi H 01 April 2024

PENCEGAHAAN

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti cara untuk menghindari Rheumatoid Artritis (RA). Tapi ada upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena RA, antara lain:

  1. Menghentikan kebiasaan merokok. 
  2. Membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  3. Menjaga kesehatan tulang dengan menerapkan menu sehat yang kaya kalsium, vitamin D, dan mengkonsumsi makanan bergizi.
  4. Menjaga berat badan ideal.
  5. Berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari.
  6. Menghindari paparan zat berbahaya, seperti asap rokok dan zat kimia berbahaya lainnya.
  7. Menjalani pemeriksaan kesehataan secara rutin.

 

TIPS MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP PENDERITA RHEUMATOID ARTITIS

Rheumatoid Artritis (RA) belum dapat disembuhkan, tapi secara mandiri pasien dapat menjalankan beberapa strategi untuk meredakan nyeri sendi dan otot, mengurangi peradangan, meningkatkan kemampuan bergerak dan beraktivitas secara menyeluruh untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Berikut beberapa strategi tersebut:

1. Aktif Secara Fisik

Aktif secara fisik merupakan kunci memperkuat otot, menjaga sendi tetap fleksibel, dan melindungi sendi dari kerusakan lebih lanjut. Aktivitas fisik teratur juga menurunkan risiko penyakit kronis lain, seperti jantung, diabetes, dan depresi.

Para ahli merekomendasikan, idealnya orang dewasa melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per pekan. Durasi ini dapat dibagi menjadi 30 menit per hari selama 5 hari dalam sepekan. Per hari dapat dibagi menjadi 3 sesi, masing-masing 10 menit terpisah sepanjang hari.

Jenis aktivitas yang dapat dilakukan, antara lain: jalan cepat, berenang, atau bersepeda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesial, Ahli Terapi Fisik (fisioterapis) atau terapi okupasi untuk merekomendasikan aktivitas yang sesuai agar tidak memperburuk radang sendi.

2. Terapi Panas atau Dingin

Untuk meringankan nyeri, sakit dan kaku pada sendi, mandilah dengan air hangat atau shower hangat, memakai bantalan pemanas yang dipanaskan dalam microwave. Sedangkan untuk mengatasi gejala yang muncul tiba-tiba lebih baik mengompres dengan air dingin atau es yang dibalut kain untuk menghilangkan nyeri, sakit, dan mengurangi peradangan.

3. Dukung Persendian Anda

Belat dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak dengan menopang sendi Anda. Mintalah Ahli Terapi Fisik atau Okupasi Anda untuk membantu Anda memilih dan memasang belat yang tepat.

4. Gunakan Perangkat di Sekitarnya

Untuk membantu naik dan turun dari kursi roda, dudukan toilet, tempat tidur, dan lainnya, coba gunakan alat-alat yang tersedia di sekitarnya, seperti tali sepatu panjang, roda pada koper, sapu tangan panjang, dasi panjang dan perangkat lain untuk mengurangi tekanan pada sendi.

 

5. Minum Obat

Minumlah obat yang diresepkan sesuai aturan dan anjuran Dokter, karena dapat meringankan gejala, mengurangi peradangan dan memperlambat perkembangan penyakit.

6. Berkomitmen Hidup Sehat

Untuk membantu mengendalikan gejala RA, berkomitmenlah menjalani hidup sehat dengan cara: tidur yang cukup, berhenti merokok, menghindari asap rokok bagi perokok pasif, mengkonsumsi makanan sehat, mengelola dan mengurangi stres seperti meditasi, tracking santai di alam terbuka, dan lainnya.

7. Mempertahankan Berat Badan Sehat

Mengalami obesitas dapat memperparah penderita RA, sehingga sangat penting menjaga berat badan yang sehat.
 
Penulis        : Dwi Hardianto
Peninjau      : dr. Angga Prama Syamsudi Putra
 
Referensi:
  1. Rheumatoid Arthritis, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rheumatoid-arthritis/symptoms-causes/syc-20353648, diakses 1 Maret 2024.
  2. Rheumatoid Arthritis, https://www.cdc.gov/arthritis/types/rheumatoid-arthritis.html, diakses pada 1 Maret 2024.
  3. Rheumatoid Arthritis, https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4924-rheumatoid-arthritis, diakses 1 Maret 2024.
  4. Rheumatoid Arthritis: Causes, Symptoms, Treatments and More, 15 Oktober 2021,  https://www.arthritis.org/diseases/rheumatoid-arthritis, diakses 4 Maret 2024.
  5. Rheumatoid Arthritis, https://www.nhs.uk/conditions/rheumatoid-arthritis/, diakses 4 Maret 2024.
  6. Rheumatoid Arthritis, https://www.niams.nih.gov/health-topics/rheumatoid-arthritis, diakses 6 Maret 2024.
  7. Everything You Want to Know About Rheumatoid Arthritis, https://www.healthline.com/health/rheumatoid-arthritis, diakses 6 Maret 2024.
  8. Rheumatoid Arthritis, https://versusarthritis.org/about-arthritis/conditions/rheumatoid-arthritis/, diakses 8 Maret 2024.
  9. Arthrodesis (Fusi), https://www.hss.edu/condition-list_arthrodesis.asp, diakses 8 Maret 2024.

 

Artikel Lainnya

MENGENAL RHEUMATOID ARTRITIS (BAGIAN 3)

MENGENAL RHEUMATOID ARTRITIS (BAGIAN 2)

MENGENAL RHEUMATOID ARTRITIS (BAGIAN I)

BUAH KOLANG-KALING DAPAT ATASI RADANG SENDI DAN OSTEOPOROSIS, MITOS ATAU FAKTA?