LIVE TALKSHOW: PERAN TENS & THERAPEUTIC EXERCISE UNTUK TERAPI POST ARTHROSCOPY & OSTEOARTHRITIS KNEE

Dwi H 16 March 2023

Tindakan arthroscopy umumnya dipersepsikan sebagai pengobatan tahap akhir untuk mengatasi masalah sendi. Anggapan ini ternyata salah, karena arthroscopy merupakan tindakan tahap awal. Sehingga, pascaoperasi (post-arthroscopy), pasien masih membutuhkan penanganan lanjutan secara berkesinambungan agar pengobatannya tuntas dan sempurna.

Salah satu terapi lanjutan yang diterapkan RS. Khusus Bedah Halimun adalah terapi TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) dan Therapeutic Exercise (Terapi Latihan). Terapi ini dijalankan oleh Instalasi Fisioterapi.

Untuk mengupas penangan post-arthroscopy dan terapi lanjutannya, RS. Khusus Bedah Halimun menyelenggarakan talkshow online bertajuk:"Peran TENS & Therapeutic Exercise untuk Terapi Post-Arthroscopy & Osteoarthritis Knee,pada Rabu (15 Maret 2023), pukul 13.00–14.15 WIB.

Live talkshow ini merupakan pengembangan dari konsep Webinar yang telah sukses dijalankan selama 2 tahun, 2021 dan 2022. Dengan konsep talkshow ini, perubahan terlihat nyata pada tampilan yang lebih segar dan santai tapi serius. Sedangkan teknologi yang digunakan masih sama, yaitu memanfaatkan platform Zoom dan Youtube.

Pada talkshow edisi perdana ini, menghadirkan pembicara Dr. dr. H. Briliantono M. Soenarwo, SpOT, FICS, MD.PhD (Dokter Spesialis Ortopedi, Traumatologi dan Persendian RS. Khusus Bedah Halimun), yang dipandu oleh dr. Rolly Catur Widyantoro.

Sepanjang pelaksanaan talkshow, antusiasme peserta cukup tinggi. Sampai talkshow berakhir jumlah peserta online yang bertahan mengikuti Zoom sekitar 80 orang dan  Youtube 25 orang. Jumlah peserta yang bertanya sekitar 20 orang, sehingga tidak semuanya bisa dijawab oleh pemateri.    

Selain melayani tanya jawab dan “konsultasi gratis”, talkshow ini juga membagikan doorprize berupa buku karya Dr. H. Briliantono M. Soenarwo berjudul “OSTEOPOROSIS: Seputar Osteoporosis, dari Pengenalan, Pencegahaan sampai Penanganan” dan“OSTEOARTRITIS, Pendekatan Holistik.”  Kriteria pemenang adalah peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik.“

“Mewakili Tim Panitia, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Direktur Utama PT. Halimun Medical Centre, Direktur dan Wakil Direktur RS. Khusus Bedah Halimun, para sponsor dan semua pihak yang membantu kelancaran webinar ini. Sampai jumpa pada webinar berikutnya,” tandas Dwi Hardianto, Koordinator Webinar RSKB Halimun.
 
Naskah: Dwi H
Grafis: Wisnu
Video: Olink KP

 

Berita Lainnya

RS. KHUSUS BEDAH HALIMUN & MASJID JAMI AL-IHSAN KERINCI JAKARTA SELATAN SELENGGARAKAN KHITANAN MASSAL

23 June 2024

LIVE TALKSHOW: “HIDROTERAPI UNTUK PASIEN OSTEOARTRITIS”

19 June 2024

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H/2024 M

17 June 2024

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H/2024 M

15 June 2024